TUGAS KOMUNIKASI BISNIS

BERIKUT INI CONTOH SURAT DAN SEMUA PERIHAL KOMUNIKASI BISNIS:


Surat Pengumuman Perubahan Harga Barang



Yth. Kepada                                                                                              Bengkulu, 31 Mei 2013
Pelanggan Setia


Dengan hormat,
Sehubungan dengan terus meningkatnya harga bahan baku kertas dalam situasi perekonomian yang masih tidak menentu maka terhitung sejak tanggal dikeluarkannya pengumuman ini, produk kami mengalami perubahan harga. Perubahan harga tersebut adalah sebagai berikut:
1.    Harga produk tipe A(ukuran besar) berubah dari Rp.54.000,-  menjadi Rp.57.250,-
2.    Harga produk tipe B( ukuran kecil) berubah dari Rp.50.500,-. menjadi Rp.53.150,-
Perubahan harga ini diikuti dengan peningkatan mutu agar konsumen semakin yakin dengan produk kami yang telah terkenal sejak tahun 1996. Hal ini dilakukan sebagai wujud bakti kami dalam membangun perekonomian bangsa.
Jika konsumen mendapatkan harga yang tidak sesuai dengan label harga yang tertera dalam setiap kemasan, diharap dapat melaporkannya kepada kami.
PT Bumi Aksara Makmur
Jln. Dharma Wanita II  Blok A



 *********************************************************************************


SURAT PENGADUAN BARANG
PT. Kuala Ketara Kencana
Jln. Lintas Barat Ketahun Telp. (024) 678143
Nomor             : XXI/Srt-Klaim/PD/V/2013                                   31 Mei 2013
Lamp.              : -
Hal                  : Klaim
Kepada Yth.
PT. Sido Makmur
Jln. Bumi Nusantara 25 Jebres
Surakarta

Dengan hormat,
Dengan ini kami beritahukan bahwa ada beberapa produk yang diproduksi oleh PT. Sido Makmur dijual dengan tidak memberikan harga diskon sesuai dengan yang ditawarkan  sebelumnya. Maka dari itu kami merasa keberatan dengan perlakuan tersebut.
Berikut ini adalah daftar barang yang dijual tanpa diskon :
No Deskripsi Jumlah No. Surat Jalan Keterangan
1.                   Meja Makan Persegi Ukuran 180x180x75 cm 1 XVI/SJ-PO/AJM/V/2013.
2.                  Tempat Koran dan Majalah 3 XVI/SJ-PO/AJM/V/2013
3.                   Meja Telepon 2 XVI/SJ-PO/AJM/V/2013.
4.                   TV Cabinet 1 XVI/SJ-PO/AJM/V/2013.
Kami telah mengirimkan beberapa bukti pembelian melalui email sebagai bukti. Mohon untuk ditindak lanjuti mengingat akan kepentingnya hal ini untuk kami.
Demikian Surat Klaim ini kami buat dengan harapan adanya perbaikan pelayanan barang serta koordinasi sehingga kedepannya tidak terjadi masalah yang sama. Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,

PT. Kuala Ketara Kencana



 *********************************************************************************


No.      : 01/PC/SP/01/I/V/2013
Lamp   : -
Hal       : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth.
Dr. Abdul Rozak, MA
Di-
Tempat

Assalamualaikum waromatullhi wabarokatuh

Dengan Hormat,
Teriring salam serta do’a kami panjatkan kepada Allah SWT semoga Bapak selalu dalam lindungan-Nya, diberikan limpahan rejeki dan dalam keadaan sehat wal-afiat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berkenaan dengan pelaksanaan Seminar Bisnis Nasional yang dilaksanakan oleh Himpunan Bisnis Surakarta (HABIS) dengan tema : "Prospek Perekonomian Indonesia di Tengah Arus Globalisasi", Kami selaku panitia pelaksana seminar bisnis nasional memohon kepada Bapak untuk membantu dalam pengadaan materi maupun non-materi guna terselenggaranya acara yang akan diselenggarakan pada:


Hari/Tanggal    : Minggu/ 16 Januari 2011
Waktu              : 08.00 s/d Selesai
Tempat            : Gedung Utama “ARJUNA” Surakarta
Pembicara        : Atma Yudha Wanakrama
Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan partisipasi Bapak kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Surakarta, 8 januari 2011
   Ketua Panitia                                                                                   Sekretaris
                                                                                                                                         


  Fardhan Hidayat                                                                              Vidi Aldiano

Mengetahui,
Ketua Umum HABIS



Afgan Syahreza


*********************************************************************************


No.      : 01/PC/SP/01/I/V/2013
Lamp   : 1 lembar
Hal       : Permohonan Menjadi Pembicara

Kepada Yth.
Atma Yudha Wanakrama
Di-
Tempat

Assalamualaikum waromatullhi wabarokatuh

Dengan Hormat,
Teriring salam serta do’a kami panjatkan kepada Allah SWT semoga Bapak selalu dalam lindungan-Nya, diberikan limpahan rejeki dan dalam keadaan sehat wal-afiat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berkenaan dengan pelaksanaan Seminar Bisnis Nasional yang dilaksanakan oleh Himpunan Bisnis Surakarta (HABIS) dengan tema : "Prospek Perekonomian Indonesia di Tengah Arus Globalisasi",  yang akan diselenggarakan pada:


Hari/Tanggal    : Minggu/ 16 Januari 2011
Waktu              : 08.00 s/d Selesai
Tempat            : Gedung Utama “ARJUNA” Surakarta

Dengan ini kami bermaksud mengundang saudara agar bersedia menjadi pembicara dalam acara Seminar Bisnis Nasional seperti tersebut di atas.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Surakarta, 8 januari 2011
   Ketua Panitia                                                                                   Sekretaris



  Fardhan Hidayat                                                                              Vidi Aldiano

Mengetahui,
Ketua Umum HABIS



Afgan Syahreza


*********************************************************************************

SURAT LAMARAN KERJA

Kepada Yth,                                                                Surakarta, 26 Maret 2013
Manager  Personalia
PT. Kempling Wood
Jl. Anjasmoro  453, Jebres, Surakarta
Telp (0271)678345

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Kempling Wood , seperti yang dimuat di harian Monitor Depok pada tanggal 25 Maret 2013, dengan ini saya mengajukan diri untuk bergabung dalam Tim Pengawas Produksi di  PT. Kempling Wood. Adapun biodata saya  sebagai berikut :

Nama  
: Donny Pujanga
Tempat / Tgl. Lahir 
: Banten, 28 Februari 1986
Pendidikan Akhir  
: Diploma 3 Manajemen Industri
Alamat  
: Jln. Tirtajaya no 27, Surakarta
No. HP  
: 087894985253
Email
: donny pujangga@gmail.com
Status Perkawinan 
: Single
Saat ini saya tidak bekerja ataupun terikat di lembaga manapun.
Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

1. Resume singkat/  CV
2. Foto copy ijazah D3 Manajemen Industri
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pass foto terbaru 3x4 dua buah

Besar harapan saya diberi kesempatan untuk mengikuti wawancara agar dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai profil serta skil yang saya miliki. Disamping data yang tertuang pada resume (daftar riwayat hidup), saya siap bekerja keras dengan bidang yng saya tekuni.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya, atas perhatian dan bantuan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,



Donny Pujangga


*********************************************************************************

SURAT PENOLAKAN LAMARAN KERJA
No. : 010/PLM/III/2013




Kepada Yth.:
Donny Pujangga
Jln. Tirtajaya no. 27
Surakarta


Dengan Hormat,

Dengan ini kami beritahukan bahwa kami telah menerima surat lamaran dari saudara pada tanggal 26 Maret 2013 yang menyatakan berminat untuk mengisi posisi Pengawas Produksi di PT. Kemling Wood.

Namun dengan berat hati harus kami sampaikan bahwa kami harus menolak surat lamaran saudari karena ada beberapa hal yang masih berada dibawah kualifikasi kami.
Demikian Surat Penolakan Lamaran Kerja ini kami sampaikan semoga suatu saat nanti saudara bisa bergabung dengan PT. Kemling Wood.


   Hormat kami,
PT. Kemling Wood



Andara Suciwati, SE
Manajer Personalia



 *********************************************************************************



Halaman 279 Bagian Online Nomer 1
1.                  Pelajari CV yang telah di kirimkan
2.                  Pelajari seluk beluk perusahaan yang ingin kita masuki
3.                  Perhatikan pakaian dan cara penampilan untuk menciptakan suatu wawancara kerja yang baik.
4.                  Pastikan tempat, waktu serta ruangan yang digunakan untuk hasil wawancara kerja yang baik.
5.                  Datang tepat waktu.
6.                  Berlatih dahulu sebelum menjawab pertanyaan jebakan yang seringkali di ajukan.

Halaman 279 Bagian Online Nomer 2
Dalam menjawab pertanyaan di dalam wawancara kerja hendaknya kita harus :
1.                  Jujur
2.                  Bersikap Positif
3.                  Tekankan Keterampilan dan Kemampuan Kita
4.                  Menjelaskan Pendidikan
5.                  Sebutkan Motivator
6.                  Hindari pembicaraan masalah pribadi
7.                  Terbuka dan Ramah

Halaman 299 Bagian Online Nomer 1
Bagaimana melakukan presentasi bisnis yang baik :
1.                  Gunakan Kunci Tentang Topik Anda
2.                  Slide Layouty ang Penting
3.                  Batasi Tanda Baca.
4.                  Gunakan font surat sederhana
5.                   Gunakan Kontras Warna Untuk Teks dan Latar Belakang
6.                  Gunakan Desain Slide Efektif
7.                  Batasi Jumlah Slides
8.                   Gunakan Foto, Grafik
9.                  Hindari Penggunaan berlebihan Transisi Slide dan Animasi
10.               Pastikan Presentasi Anda Bisa Jalankan Pada Setiap Komputer

Halaman 299 Bagian Online Nomer 3
Cara Melakukan Presentasi Bisnis yang efektif :
1.                  Menyajikan konsep business plan dan financial project yang baik
2.                  Berbicaralah dengan gaya seorang pelaku bisnis yang sukses
3.                  Tampilkan keunggulan produk-produk perusahaan
4.                  Selipkan kalimat-kalimat bisnis yang elegan


(Arif Sutrisno - C1C012080)

Comments

Popular posts from this blog

KEUNGGULAN BIAYA DAN DIFERENSIASI

GENERAL LEDGER AND REPORTING SYSTEM ( LAPORAN BUKU BESAR DAN SISTEM PELAPORAN )

Metode Penilaian Investasi Pada Aset Riil